Wednesday, December 6, 2017

Kenikmatan Nasi Goreng Kebahagiaan

Ternyata di dalam setiap bungkus nasi goreng menyimpan sebuah kenikmatan yang haqiqi berupa kebahagiaan jika di santap bersama teman.

Berbicara tentang kebahagiaan, siapa yang tidak ingin bahagia. Semua orang mendambakan yang namanya kebahagiaan. Tapi bagi sebagian besar orang mengatakan, bahwa kebahagiaan itu bisa di capai dengan cara mengumpulkan harta agar cepat menjadi kaya, mendapatkan jabatan agar cepat berkuasa atau tinggal di sebuah istana yang mewah dengan segala fasilitas mewahnya layaknya pangeran ala timur tengah.

Namun semua itu menurutku adalah pemahaman yang sangat keliru dalam mengiginkan sebuah kebahagiaan. Kebahagiaan tidak bisa di peroleh dengan cara yang demikian. Sudah banyak orang kaya punya segalanya di dunia, namun tak pernah merasa bahagia.

Dari buku yang pernah saya baca, benar yang diungkapkan oleh seorang penyair. "Saya tidak melihat kebahagiaan itu dengan mengumpulkan harta," Ungkapnya.

Kesimpulan yang bisa saya petik ialah bahwa tidak semua yang memiliki harta melimpah itu bahagia. Sudah banyak milioner di dunia yang harta kekayaannya tidak habis 7 turunan tapi masih saja di bayang-bayangi oleh penderitaan dan kegelisahan semasa hidupnya sampai ke kuburnya kelak.

Sejelek-jeleknya harta adalah harta yang tidak bisa memberikan kepuasan kepada pemiliknya. Bukan begitu? Lantas kebahagiaan itu terletak dimana.Ternyata kebahagiaan itu terletak di nasi goreng. Mungkin kalian bertanya-tanya kenapa nasi goreng, ada apa dengan nasi yang di goreng satu ini. 

Sebelum saya membahas nasi goreng, saya ingin menceritakan sebuah kisah tragis dari sebuah kebahagiaan. Ada yang bilang kebahagiaan itu ada pada ijazah yang kita sandang nantinya.

Seorang dokter berkata: "Ambillah ijazah-ijazah saya dan berikan pada suamiku". Coba maknai dengan seksama ungkapan seorang dokter wanita ini. Terbayangkan di dalam pikiran kalian, seorang doktor di bidang medical dalam pandangan kalian ia pasti manusia paaling bahagia.

Apalagi ia adalah wanita yang mampu menjadi doktor bukan dalam bidang yang sembarangan, tetapi dalam bidang kedokteran. Dalam pandangan sebagian orang bahwa seorang dokter adalah orang yang mempunyai ilmu pengetahuan yang tinggi, tentunya jenis profesi dan ijazahnya sangat bergengsi di indonesia bahkan di dunia.

Sekali lagi ini adalah sebuah pemandangan yang keliru, tapi ini adalah pandangan mayoritas orang. Seseorang yang berhasil meraih gelar doktoral di bidang kedokteran pasti hidup dalam puncak kebahagiaan.

Coba kalian baca apa yang di tulis oleh dokter ini di antara tulisannya.

"Setiap hari, pada pukul 7, waktu yang tergesa-gesa bagi saya. Air mataku bercucuran. Kenapa? Saya duduk di belakang sopir menuju klinikku, bahkan kuburanku, penjaraku,"  ia mengibaratkan kliniknya yang telah lama ia perjuangkan sebagai kuburan dan penjara.

Kemudian ia lanjutkan tulisannya:

"Saya menemukan ibu-ibu dengan anaknya menungguku. Mereka memperhatikan mantelku, seolah-olah selendang sutra dari persia. Ini pandangan orang. Akan tetapi dalam pandangan saya, ini adalah pakaian berkabungku. Saya masuk ke tempat praktekku, saya gantungkan stetoskopku, seolah-olah seutas tali mencekik leherku. Sementara bayangan gelap menghadang masa depanku,".

Terakhir ia berteriak:

"Ambillah ijazahku, ambillah mantelku, ambillah semua resepku, ambillah semua kebahagiaanku, semua hartaku tetapi perdengarkanlah padaku kata-kata mama,".

Kemudian ia mengungkapkan syair.

Dulu aku berharap di panggil dokter. Panggilan itu telah tercapai, tetapi tetap saya tidak bahagia. Maka katakanlah kepada semua yang menjadikanku contoh. Diantara orang-orang pada hari ini yang menangisi kondisinya. Semua perempuan bercita-cita di karunai anak dalam pelukannya. Mungkinkah dia membelinya dengan hartanya. Tertanda Dokter S.A.G Riyadh.

Apa yang terjadi, ternyata seorang yang mempunyai banyak harta dan jabatan pun tidak merasakan yang namanya sebuah kebahagiaan. Itu karena ia tidak bersyukur atas nikmat dan karunia yang di berikan tuhan untukknya. Manusia memang seperti itu.

Sama halnya dengan nasi goreng, ternyata kebahagiaan itu bukan terletak pada nasinya. Melainkan rasa syukur, saya masih bisa menyantap  nasi goreng bersama kawan-kawanku di organisasi. Meskipun sederhana ala kaki lima, namun rasanya bisa mengalahkan nasi goreng buatan restoran.

Kenikmatannya muncul ketika kita bisa bersyukur atas apa yang di berikan oleh tuhan hari ini, sehingga kebahagiaan itu dapat kita rasakan di dalam hati dan terpatri dalam sanubari. Walaupun lauk nasi gorengnya cuman suiran ayam kecil-kecil dan 2 potongan timun. Bahagia rasanya jika kita senantiasa bersyukur setiap harinya.

Jadi inti sebuah kebahagiaan adalah bersyukur. Jangan lupa bersyukur hari ini, walaupun itu cuman nasi goreng traktiran teman.

Be social.

Like, coment and share!

82 comments

Lain kali kalau ada nasi goreng, jangan lupa undang, biar saya turut merasakan kebahagiaan.

Aaku juga mau nasi gorengnya dan bw baliik.

Tuhan yang menciptakan kebahagiaan, kita tinggal menjalaninya, maka dari itu kita harus pandai2 bersyukur apalagi menikmati nasgor ga sendirian jadi ga berasa jomblonya :D

Bahagia dengan bersyukur selalu aktual kapanpun. Nice.

Hm... Nasi goreng salah satu makanan fav ku, ya bener sih.. Emg bahagia itu didapat dr rasa syukur

Bersyukur dengan apa yg sudah kita miliki dan orang orang yang selalu ada di sekitar kita, mendukung kita dalam keadaan apapun.

Harta dan jabatan memang nggak bisa jadi jaminan kebahagiaan ya. Noted

nasi goreng nya rasa apa? hihi..

Yaa!! intinya apa pun yang ada pada diri kita wajib kita syukuri. Karena belum tentu orang lain bisa seperti kita...atau sebaliknya..😃😃

Intinya meski nasi goreng tetap sesuatu yang luar biasa..bagi dooonggg!! 😂😂

Iya, makanya saya selalu berusaha bersyukur setiap pagi. Hidup nasi goreng!

betul, kuncinya bersyukur. Kadang kita terlalu sibuk mengeluhkan nasib, padahal bisa jadi banyak orang yang sedang memimpikan menjadi seperti kita saat ini.

That's it. Hanya bersyukur cara agar Kita bahagia.

Btw aku suka makan bareng-bareng kek di fotomu itu hehehe

Jangan renggug kebahagianku bang mukhsin hahah.

Hahah kok bahas jomblo. Apakah ada relasi antara jomblo dan nasi goreng.Atau karena terlalu lama menjomblo jadi jomblonya yang di goreng

Mantap mba ella rajin-rajinlah makan nasi goreng

Mungkin kita juga perlu makan nasi goreng dan foto bersama mba riska.

Bersyukur hari ini, esok, dan seterusnya. Selagi masih hidup dan berpijak di atas tanah Tuhan.

bener kata kata nya mas.sejelek jeleknya harta adalah harta yang tidak bisa bermanfaat kepada orang lain..makna yang mendalam ..semoga bahagia dengan kebahagiaan nasi goreng nya

Benar sekali, kebahagiaan tidak bisa diukur dari seberapa banyak harta, uang yang kita miliki...
sukses salalu mas, salam inspirasi

Kalau kata Mama, " Kebahagiaan itu di hati, hidup harus semeleh ikhlas dan banyak bersyukur "
Ternyata itu bener, Ammar. Semakin umurku berkurang, semakin aku merasakan bahwa kebahagiaanku tuh ya di hati aku sendiri. Semakin aku sering mengucapkan syukur, mengurangi keluhan dan memandang sesuatu dari sisi positif. Hidupku lebih bahagia

meskipun makan nasi goreng "cuma" sebungkus, kalau makannya bersama rasa syukur, kenyangnya awet :D

bersyukur maka kita akan semakin kaya, tidak berarti kaya harta melainkan kaya hati, selalu merasa cukup akan hadir saat kita bersyukur...

Jadi kapan ammar traktir nasi goreng buat kita yang haus akan kebahagiaan... :'D

Alhamdulillah, bahagia itu memang sederhana ya. Asal kita selalu mensyukuri nikmat sekecil apapun jg

Bersyukur, apalagi punya dan bersama banyak sahabat, tentunya kebahagiaan semakin sempurna ya, Sob...

Alhamdulilah, ikut senang. Terlebih mempunyai banyak sahabat ya, Mas..
Lain kali ajak-ajak ya..he
Nasgor itu salah satu makanan favoritku..

Bahagia itu nggak asik kalau dirasakan sendiri, harus dibagi. Ngomongin nasgor, jaman kuliah dulu suka bawa nasgor kalau nonton bioskop, biar ngirit nggak jajan tapi kenyang. Sekarang mana boleh bawa dr luar, mahal pula. Btw ikut giveaway di blogku yuk. :)

kebersamaan itulah yang membuat bahagia, yang kelak akan dirindukan...

Setuju banget nih, kebahagiaan itu berasal dari rasa syukur yaaa.. bukan nasi goreng yang ngebuat bahagia, tapi momen makan bareng temen-temennya yaaa

bersyukur atas apapun itu termasuk sepiring nasi goreng yang nikmat yaaa :)

kebersamaannya yang buat jadi tambah bersyukur.

Setuju, kunci bahagia tuh gampang sebenernya, bersyukur. Tapi nyatanya, prakter bersyukur itu susah susah gampang. Ada kalanya kita suka lupa, padahal hidup berkecukupan, dan berakhir dengan merasa kekurangan. Semoga kita semua dijauhkan dari sifat tadi

Kuncinya adalah bersyukur. Krn klo kita gak bisa bersyukur, maka akan selalu mera kurang yang akhirnya jd gak bahagia atas apa yg sdh kita peroleh

Karena bahagia kita yang ciptakan, dan kunci utamanya adalah bersyukur.
Ahhhhh asyiknya kumpul sama teman-teman sambil makan nasi goreng. Jadi pengen hahaha

Bahagia itu sebenarnya bisa kita ciptakan sendiri ya. Dalam kesempatan dan dalam hal apapun. Asal kita bersyukur dengan semua pemberianNya tanpa melihat keberhasilan atau yang dicapai orang lain. Menikmati yang sudah diberikan Nya dan berusaha membahagiakan orang lain di sekitar itu akan membawa kebahagiaan kita juga dong pastinya.

Bener sekali salah satu cara untuk bahagia adalah bersyukur^^ dan bersyukur itu akan muncul ketika kita berfikir positif^^. Walau cuma makan nasi goreng tapi bahagia karena makan bareng sama temen-temen.

ngumpul sama temen emang salah satu hal yg paling asik
gua juga setuju itu
kalo gua lagi bayak pikiran salah stu obatnya yah ngumpul ma temen ngobrol sambil ongopi di cafe xxixiixixixi

Saya suka bgt nasi goreng, apalagi dr mamang pinggir jln...

persepsi seseorang terhadap kebahagiaan memang berbeda-beda ya bang

Asik nih, makan nasi goreng rame2.

Ak setuju, kebahagian itu tidak perlu hal besar, hal yng kecil aja, bila dinikmatin bisa buat bahagia 😁

Mas akan lebih berbahagia lagi kalo kasih nasi goreng ke saya....

Semoga ibu dila senantiasa selalu bersyukur yah

Betul-betul cepat habis nasi gorengnya kalo ramai-ramai di makan

Kaya hati perlu di pertahankan mas. Sukses selalu

Doakan supaya saya cepat jadi PNS mba Sri

Wah baru tahu nih mas Andy suka juga yah sama nasi goreng saya kira cuman nasi rebus haha.

Saya ikut give away juga di blognya mba lusi

Kuncinya satu yakni keikhlasan mba

Yang terpenting adalah solidaritas kita bersama

Biarpun nasinya traaktiran mba haha

Tergantung tentang apa yang orang yaakini bang

Nanti saya kasih bungkus dan karet bungkusnya saja yah haha

asal jangan ngopi pake kopi sianida yah

Hadeh, boleh lah sesekali ngundang saya buat menikmati nasi goreng kebahagiaan.

jeritan bu dokter itu mirip yg sy alami, jenuh bgt sm kerjaan, berangkat kantor rasanya sperti berangkat ke penjara, semua penuh tuntutan, tp ya itu td.. semuanya mmg harus perlahan di syukuri..

Udah gak bisa dibantah lagi kalau syukur itu memang kunci kebahagiaan. Berbeda dengan kejadian ini, saya pernah jadi pencemburu banget yang iri pengen punya apa yang orang lain punya padahal saya udah jelas gak akan bisa dapatin itu semua. Kemudian saya sering baca artikel tentang bersyukur dan lama kelamaan saya bisa terima apa yang sudah dijatah untuk saya. Dan saya merasa lebih bahagia..

yolah dek, hidup itu harus ko syukuri

Demi Tuhan Yang Menciptakan Akal. Atas Nama Ilmu Pengetahuan Berkomentarlah Sesuai Apa Yang Kamu Ketahui.
EmoticonEmoticon