Monday, November 6, 2017

Manajemen waktu yang katanya sulit.

Sedang menatap masa depan yang katanya bisa di tatap.
Akhir-akhir ini saya jadi jarang aktif menulis dan memposting lagi. Alasannya sederhana, karena saya di dera dengan kesibukan yang sangat padat. Berbagai kegiatan saya geluti selama ini, mulai dari menjalani perkuliahan, menjadi seorang aktivis pers mahasiswa sampai dengan bekerja di salah satu klinik dokter gigi di kota Makassar. 

Memang sedikit menguras waktu, tenaga dan pikiran. Kali ini, saya harus melebihi sosok superhero. Siapa lagi kalo bukan superman, karakter manusia super dari serial komik marvel dan terkenal di belahan dunia manapun. Filmnya pun sangat di gandrungi mulai dari tua sampai dewasa. Superman adalah manusia super yang kuat, tahan banting dan tidak mengenal kata lelah dalam menumpas kejahatan. Tapi terlepas dari semua itu, saya bukanlah superman. Saya tetaplah seorang manusia biasa dari golongan biasa yang kadang lelah dengan segala macam pekerjaan yang kulakoni selama ini. 

Berbicara tentang manajemen waktu. Bukanlah perkarah yang mudah. Memang mudah di lafalkan. Tapi, agak berat untuk di implementasikan. Banyak yang sering menasehati saya soal perkara ini. Mulai dari dosen, teman, kerabat dan bahkan senior saya di organisasi. 

Manejemen waktu bagi setiap orang adalah cara yang sangat efektif dan efisien dalam mengontrol sekaligus menghemat waktu yang ia miliki. 

Kalian Pernah dengar bahwa waktu adalah uang. Pertama kali saya mendengar kata-kata ini waktu ini, saya masih duduk di bangku SMP kelas 1. Awalnya saya tidak percaya. Tapi, lambat laun saya mulai percaya. Ada pengalaman lucu yang saya pernah alami. 

Waktu itu, saya sangat butuh uang untuk membeli tamiyah yang trend pada jaman ku. Just for you information, tamiyah adalah jenis mobil-mobilan yang pada waktu itu ada serial filmnya di salah satu stasiun televisi swasta. Filmnya laris manis, sehingga dipasaran mobil tamiyah laku keras. 

Singkat cerita, saya meminta uang kepada bunda saya (panggilan sayang kepada ibu tercinta yang telah melahirkan saya). 

"Bunda kasihka uang, mauka beli tamiyah," ucapku polos padanya. 

"Kalo mau uang kerja nak, itu ada pohon pisang di belakang rumah, sudah kuning mi pisangnya. Tebangmi baru kau jual di pasar," imbuhnya padaku. 

Lantas aku begegas ke belakang rumah menengok pohon pisang yang dimaksud. Ternyata ada sebagian dari buahnya yang sudah di makan kelelawar. Buah pisangnya pun sudah berwarna kekuning-kuningan pertanda sudah mulai matang. Kebetulan pada waktu itu bertepatan dengan jadwal pertandingan futsal, saya masih ingat waktu itu HUT 17 Agustus. Lantas saya mengurungkan niat untuk menebang pohon pisang tersebut, dan langsung ke lapangan bermain futsal. 

Singkat cerita, saya masih ingat betul kejadian ini. Dimana lucunya? Yah, sekitar 8 hari berlalu setelah hari itu, seperti ada yang megganjal di hati dan fikiranku. Saya lagi berbaring di ranjang tua dan sesekali berderit ketika adanya  gerakan, aku mulai berfikir dan seketika itu aku langsung ingat dan saya  langsung lompat dari ranjang setinggi kurang lebih satu meter dan bergegas ke belakang rumahku, dan betapa kagetnya saya, ketika melihat hanya tersisa 1 buah pisang yang di tinggalkan oleh kelelawar sialan itu. Marah, sedih, kecewa bercampur satu di dalam hatiku. Betapa tidak, aku tidak dapat uang untuk membeli tamiyah kesukaanku. Timbul rasa penyesalan di hati seakan ingin mengulang dari awal lagi. Tapi, nasi sudah jadi bubur. Yah,  mau tidak mau di jalani jalannya waktu. 

Itulah pentingnya manajemen waktu. Coba ketika hari itu saya mencatat atau menjadwalkan kegiatan saya, kejadian seperti itu tidak akan terjadi. Kelelawarnya juga agak rakus ha ha ha. 

Jadi intinya ialah jangan pernah sia-siakan waktu, karena waktu tidak dapat di putar ulang, layaknya jarum jam yang dapat kita putar ke manapun. Waktu juga sangatlah berharga karena setiap detik dari waktu adalah uang. So, manajemenkan setiap kegiatan kalian, jangan sampai kejadian seperti penulis alami sama dengan kalian suatu saat nanti atau bahkan bisa lebih fatal.

Gunakan waktumu selagi masih sempat menggunakannya. 

Be social. 

Like, coment and share! 

40 comments

Setiap waktu adalah uang, tapi uang tidak bisa membeli waktu. Uuummm...

Siapa pun dia, sesibuk apa pun dia, selain harus pintar memanage waktu, yg paling penting jangan malas dan tidak menunda-nunda :)

Setuju banget! Gunakan waktumu selagi masih sempat menggunakannya.

time is money,
ini istilah yg nyata tidak akan pernah terbantahkan..
seperti halnya takdir, waktu tidak bisa dirubah

Manajemen waktu penting, dan disiplin adalah kuncinya sebab terkadang jadwal yang sudah terencana dapat gagal hanya karena kita tidak disiplin. Semangat!

Sebenarnya pada intinya adalah kita diajarkan untuk terus berusaha. Apa yang telah hilang, jangan diseseli dan jangan menyalahkan diri. Teus berusaha, bekerja dan bekarja, ini pesan dari seorang ibu. Jangan pernah patah semangat.
Jika ingin memiliki sesuatu, harus bekerja dan menabung.
Komentar dari sudur pandang yang berbeda.

mengatur waktu itu tidaklah sulit , namun tidak juga mudah bahkan rotasi bumi pun tunduk kepada sang waktu ini, dia berputar sesuai waktu yang telah di tentukan, jika manusia bercermin atas kepatuhan perputaran bumi , maka manusia bisa dikatakan menang dan mampu mengatur waktu sesuai jadwal atas bagian bagian dari waktu itu sendiri

Setuju, gunakan waktu dengan sebaik mungkin.
Mengatur waktu soal habbits, jadi perlahan juga bisa..

Setuju sekali!
Time has a wonderful ways of showing us what really matters..:)

Waktu memang sangat berharga, tak dpt dimajukan tak juga dapat dihambat, kita hrs pandai memilah mana yang lebih penting didahulukan utk dikerjakan mana yg kemudian

waktu yang disia2in bisa bikin kita nyesel

Karena orang malas di benci sama calon mertua ea.

Seperti halnya mengingat mantan di masa lalu tidak akan pudar oleh waktu

Waktu waktu dan waktu. manfaatkan waktu. makasih mas perumpamaannya.

Kayak balikan sama mantan contohnya hahaha.

Akibat menunda suatu pekerjaan, jadilah semua berantakan...hehe

seperti luka masalalu,sudah sembuhpun masih saja berbekas. ahaaha galau, jadi bahas mantan deh ini?

Intinya jangan sia siakan waktu ya. Keburu dimakan kelelawar tuh pisangnya

beneer-bener harus pinter ngatur waktu, selain waktu adalah uang, waktu juga tidak bisa kembali.

Betul, gunakan waktu sebaik mungkin. Lakukan hal yang bisa dilakukan sekarang, jangan sampai ditunda-tunda. Supaya tidak menyesal.

Hehe, saya juga senang menunda-nunda. Gak tau ya, mamak2 kadang lelah harus mengerjakan ini itu. Pas ditunda eh malah numpuk

Waktu terus berlalu tanpa menunggu

Siapa tahu punya mantan terindah. karena mantan terindah seindah warna pelangi sesudah hujan. ea.

Intinya jangan pernah menyia2kan ksempatan yang ada
karna waktu tidak akan pernah kembali

Demi Tuhan Yang Menciptakan Akal. Atas Nama Ilmu Pengetahuan Berkomentarlah Sesuai Apa Yang Kamu Ketahui.
EmoticonEmoticon