Saturday, March 25, 2017

Tugas Kuliah Epedemiologi Yang Bertumpuk.

Terkadang sebuah tugas begitu memberatkan jika di biarkan berlarut-larut
Hari ini mungkin tak seperti hari-hari biasanya. Hari ini saya di sibukkan dengan tugas kuliah saya yang begitu banyak. Yah, jika hari biasa saya bisa kumpul dengan teman saya dan berorganisasi, tapi tidak dengan hari ini. Saya harus sedikit bisa menyisihkan waktu  saya untuk menyelesaikan tugas saya yang sudah menumpuk. Wajar saja sudah sekian lama tugas saya tidak saya kerjakan, karena saya di sibukkan dengan urusan yang lain di organisasi. Tetapi,  saya tidak boleh lupa dengan tujuan kita yang sebenarnya yaitu kuliah. Kita harus bisa memanejemenkan waktu kita antara akademik dan organisasi, keduanya harus berimbang karena itulah sebenarnya idealnya seorang mahasiswa.

Mungkin saya akan sedikit membagikan jawaban tugas saya di pos saya kali ini. Untuk sekedar membantu teman-teman saya yang sudah sangat susah mencari referensi kemana-mana. Sedikit menjelaskan tentang tugas yang di berikan oleh dosen saya tentang mata kuliah epedemiologi.

1.Tuliskan pengertian dari Endemis !

Jawaban :Endemis /endemik adalah sebuah istilah yang banyak di gunakan dalam bidang kesehatan. jika suatu penyakit menyerang  beberapa orang dalam suatu wilayah yang luas maka hal ini dinamakan endemik atau wabah penyakit yang terjadi di suatu daerah tertentu.

contoh : penyakit malaria yang hanya di temukan di daerah papua dan kalimantan.

2.Tuliskan pengertian Epedemi !

Jawaban :Epedemi berasal dari bahasa yunani : (epi dan demos yang artinya adalah penduduk) adalah penyakit yang timbul sebagai kasus baru pada suatu populasi tertentu manusia, dalam suatu periode waktu tertentu, dengan laju melampaui laju"ekspektasi"(dugaan), yang di dasarkan pada pengalaman muktakhir. dengan kata lain epedemi adalah wabah yang terjadi secara lebih cepat daripada yang di duga. Di indonesia sendiri pengertian wabah dapat dikatakan sama dengan epedemi yaitu :berjangkitlah suatu penyakit menular dalam masyarakat jika jumlah penderitanya meningkat secara nyata melebihi keadaan lazim pada daerah pada waktu tertentu atau "laju timbulnya penyakit,".

3.Tuliskan pengertian Moralitas !

Jawaban :Menurut w.poespoprojo moralitas adalah kualitas perbuatan manusia, yang menunjukan perbuatan itu benar atau salah, baik atau buruk. Moralitas mencakup tentang baik dan buruknya manusia.

4.Tuliskan pengertian insiden !

Jawaban :Insiden adalah kejadian yang berkaitan dengan pekerjaan di mana cedera, penyakit akibat kerja (PAK) ataupun kefatalan (kematian) dapat terjadi. termasuk insiden ialah keadaan yang sangat darurat.

5.Tuliskan pengertian pravalensi !

Jawaban :Pravalensi ialah konsep statistik yang mengacuh pada jumlah kasus penyakit yang hadir dalam populasi tertentu dan pada waktu yang tertentu.

6.Apa yang dimaksud penyakit yang menular ?

Jawaban :Di dalam dunia medis , penyakit menular atau penyakit infeksi adalah sebuah penyakit yang di sebabkan oleh sebuah agen biologi seperti: virus,bakteri, atau parasit.

Cara-cara penularan penyakit tersebut seperti : media langsung dari orang ke orang(permukaan kulit) ,media penularan melalui udara yang dapat di tularkan dan menyebar secara langsung maupun tidak langsung melalui pernapasan di sebut sebagai air borne disease. seperti :tbc ,variola ,influenza DLL.

7.Apa yang dimaksud penyakit non infeksi ?

Jawaban :Masyarakat awam kemungkinan masih belum banyak yang paham. Penyakit non infeksi adalah penyakit yang disebabkan bukan oleh bakteri, bukan oleh virus, bukan oleh jamur, bukan oleh parasit, dan juga bukan oleh mikroba yang lain.

Penyakit ini adalah penyakit yang diderita oleh seseorang yang sebagian besar disebabkan adanya pertumbuhan sel yang berlebihan. Atau bisa juga disebabkan oleh berkurangnya fungsi sel-sel yang ada di dalam tubuh kita. Berkurangnya fungsi tersebut karena adanya faktor usia. Termasuk di dalamnya adalah kelompok penyakit degenaratif.

Kelompok penyakit non-infeksi tersebut dapat dibagi menjadi dua kelompok besar yaitu:

- Kelompok Tumor, dan

- Kelompok penyakit Degenaratif.

Mungkin itu saja sedikit penjelasan tentang tugas-tugas saya, dan sampai bertemu di postigan saya selanjutnya.

Sumber :Wikipedia bahasa Indonesia, Google.

Be social and share!

12 comments

Wih, posting-posting tugas kuliah. Hahaha...

enak nih kayaknya kalo ada ulangan sekolah tinggal paste-in langsung di jawaban soal :D

Cuman sekedar bantu mereka di luar sana yg tugas kuliahnya sama

Sesekali posting tugas kuliah hahah

Kalo jawaban kita sama nanti ditolak sama dosennya :(


Kya kya kya

Nanti mahasiswanya baper di tolak doesnnya haha.

Wiiiiihhhh asik nih kalo punya temen gak pelit jawaban tugas begini. Sayang, beda matkul... :-/

Semoga banyak mahasiswa yang terbantu diluar sana, yang punya tugas sama tapi lagi malas cari jawaban. Buat saya ini pengetahuan baru juga, siapa tahu anak saya tanya :)

Jadi orang harus berguna sama sesamanya

Semoga dapat membantu anaknya mba ya.

Jadi kangen kuliah... wkwkwkk
Jurusan apa tho mas??

Demi Tuhan Yang Menciptakan Akal. Atas Nama Ilmu Pengetahuan Berkomentarlah Sesuai Apa Yang Kamu Ketahui.
EmoticonEmoticon